Ponsel Jatuh Kedalam Air ? Ini Cara menyelamatkannya

Posted on

Ini Cara Selamatkan Ponsel Yang Terkena Air – Kejadian ponsel yang terkena air memang seringkali dialami oleh pengguna Android. Biasanya orang akan baru tersadar bahwa perangkat genggam kesayangannya telah tercebur dan lantas panik. Hal semacam ini tentu menimbulkan emosi sehingga tidak berbuat apapun yang bisa menyelamatkan ponsel tersebut. Setidaknya pengguna ponsel bisa mengambil langkah yang lebih bermanfaat ketika ponsel jatuh kedalam air.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengeluarkan ponsel itu dari zona berbahaya sebagai bentuk dari pertolongan pertama. Sebenarnya pengguna juga dihimbau untuk tidak langsung menyematkan baterai dan menyalakan ponsel kembali setelah mati. Pasalnya ketika ponsel hidup dalam keadaan basah justru akan mengalirkan energi listrik. Untuk itu, ikuti cara selamatkan ponsel yang terkena air di bawah ini dengan baik dan benar.

Tips Menyelamatkan Ponsel Yang Terkena Air

Ponsel Jatuh Kedalam Air
Ponsel Jatuh Kedalam Air
  1. Mengeluarkan Baterai Ponsel

Keluarkan baterai ponsel anda ketika tercebur atau basah terkena air hujan atau air kolam renang. Langkah ini merupakan tindakan pertama yang perlu anda terapkan dalam menyelamatkan ponsel. Hal tersebut diambil dengan cepat untuk menghindari sirkuit-sirkuit pada perangkat agar tidak mengalami kerusakan saat terkena air. Janga lupa lepaskan aksesoris yang melekat pada ponsel, seperti cover maupun gantungan kunci smartphone. Sebaiknya lakukan cara ini secara pelan-pelan supaya tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

  1. Mengeringkan Ponsel di Tempat Aman

Sebetulnya banyak cara dalam mengeringkan ponsel yang tegah basah. Adapun cara paling sederhana adalah dengan mengelapnya menggunakan handuk ataupun tisu. Namun, jika tidak ada anda bisa memanfatkan sapu tangan asalkan jenis kain tersebut lembut dan tidak bertekstur keras. Langkah ini harus dilakukan dengan hati-hati dan hindari cara menggoyang maupun menggerakkan ponsel. Upayakan partikel kecil dari handuk atau bahan untuk mengelap tidak akan tertinggal di dalam perangkat ponsel tersebut yang terkena dan Ponsel Jatuh Kedalam Air.

  1. Memendam di Dalam Beras

Alangkah baiknya menyimpan ponsel yang terkena air pada sesuatu yang bisa menyerap air. Umumnya metode yang paling terbaik adalah menempatkannya di wadah yang telah berisi dengan beras. Hal ini dikarenakan beras yang mempunyai sifat dapat menyerap kembaban. Tentu saja cara ini berlaku pada jenis beras apapun. Hanya saja anda perlu sabar karena memang perlu waktu lama dalam melakukan tips yang satu ini. Setidaknya perangkat ponsel anda dipendam semalaman agar lebih baik dan cepat normal kembali.

Baca juga Game Terbaik Terpopuler dan Asli Buatan Indonesia

  1. Menggunakan Vacuum Cleaner

Meskipun cara ini terlihat aneh dan lucu, namun langkah tersebut terbilang sangat efektif untuk menangani ponsel yang terkena air. Menggunakan alat penyedot debu atau vacuum cleaner mampu berguna baik dalam mengeluarkan sisa-sisa air yang terdapat pada perangkat ponsel. Jangan sampai anda salah menggunakan hair dryer karena kedua alat tersebut memiliki cara kerja yang berbeda. Jika vacuum cleaner bekerja dengan cara menghisap, sementara itu hair dryer hanya beroperasi dengan menyemburkan angin.

Mungkin hanya itu tips yang paling tepat dalam menyelamatkan ponsel ketika terkena air. Jika anda sudah menerapkan segala macam cara tersebut namun ponsel masih tidak bisa menyala, sebaiknya dibawa ke galeri ponsel terdekat yang Ponsel Jatuh Kedalam Air ? Ini Cara menyelamatkannya.