Cara Menonaktifkan KNOX Security di Samsung Galaxy

Posted on

Knox merupakan layanan yang luncurkan oleh Samsung pada tahun 2013 yang fungsinya untuk menjaga keamanan handphone atau seluler kamu yang ditanamkan pada perangkat baru. Knox sendiri membagi data menjadi 2, yaitu data penting dan data pribadi.

Cara Menonaktifkan KNOX

Melalui layanan ini Samsung ingin membuktikan bahwa smartphone Android itu sangat aman sama seperti yang dijanjikan oleh BlackBerry dan iPhone dan mencari segmen pasar kelas pemerintahan dan korporasi sehingga semua data yang ada di handphone aman dan terjaga.

Mengaktifkan mode KNOX berarti handphone anda akan terjamin aman untuk digunakan, jika anda telah menginstall aplikasi tersebut dan telah mengaktifkannya, aplikasi ini juga bisa memilah dan mengkategorikan aplikasi yang boleh digunakan seperti kamera, gallery, download, email, pengaturan file, kontak, internet dengan browser default dll. Sayangnya setelah membuka dan mengaktifkan Knox maka handphone anda tidak bisa membuka banyak aplikasi lain selain yang ada secara default pada smartphone anda. Bahkan kita juga dibatasi untuk mengakses Play Store nya google.

Google menjamin keamanan tingkat tinggi jika Knok ini anda aktifkan, pengguna dengan tujuan pebisnis, pemilik sektor keuangan adalah tujuan dari aplikasi tambahan dari Samsung ini. Dengan aplikasi Knox data yang ada di smarphone anda tidak bisa diretas dan disusupi hacker, apalagi untuk anda yang sering melakukan login di tempat public seperti bandara, dan free wifi lainnya.

Dengan aktifnya Knox maka ponsel akan dijaga penuh bahkan handphone tersebut tidak bisa di root, dan ini adalah hal yang sangat buruk terutama buat kamu yang suka mengoprak oprek smartphone Android kamu.

Oleh karena itu dalam artikel ini kami akan memberikan cara bagaimana mematikan atau menonaktifkan Knox pada Smartphone Samsung. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut inil;

  1. Buka Aplikasi Samsung > Samsung Knox
  2. Buka menu > Knox Settings
  3. Pilh About > Uninstall
  4. Ketika uninstall anda akan diminta untuk membuat cadangan atau backup file dari Knox
  5. Jika ya pilih Backup Now lalu tekan OK. Data yang dicadangkan tidak termasuk email dan aplikasi ya teman-teman
  6. Masukkan kata sandi Knox > Continue > Next.Knox-backup
  7. Knox akan teruninstall dan handphone sudah bisa mengakses banyak aplikasi

Menonaktifkan KNOX Security di Samsung Galaxy

Cara lain jika sudah root

Ada kalanya error Knox terjadi setelah kita lakukan root dan muncul peringatan yang sangat mengganggu kita. Beberapa kode error diantaranya.

“SuperSU tried to access system in your device without authorization. This action was blocked.”

“An application attempted to access system on your device without authorization.”

“Unauthorized access to a secured area has been blocked.”

Untuk menghilangkannya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini;

  1. Gunakan komputer dan download paket superuser terbaru – download
  2. Extrack dengan hanphone anda dan buka folder hasil ekstrak
    Superuser-apk
  3. Buka folder Commonn dan salin file apk tersebut yang saya centang diatas ke dalamnya
  4. Install file Superuser.apk seperti biasa di perangkat Samsung anda
  5. Buka aplikasi Superuser lalu akan muncul window untuk menonaktifkan Knox.
  6. Tekan OK
  7. Sekarang perangkat anda telah terbebas dari Knox

Demikian tutorial lengkap cara menonaktifkan KNOX Security di Samsung Galaxy dan jenis Samsung lainnya. Semoga tutorial ini bermanfaat.

Saat artikel ini ditulis cara diatas dapat bekerja dengan sangat baik dan tanpa kendala apapun, jika memang tutorial tidak dapat bekerja dengan baik, silahkan anda mengkontak kami pada link di menu.

Terimakasih.