Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

Posted on

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi – Memiliki smartphone memang ada kelebihan dan kekurangan yang didapat. Salah satu kelemahan ponsel pintar Android adalah borosnya daya baterai itu sendiri. Hal inilah yang menyebabkan perangkat  smartphone cepat lemot dan panas. Penggunaan widget yang berlebihan maupun menginstall aplikasi tak berguna mampu melemahkan sistem kinerja ponsel Android.

Membuka berbagai aplikasi sekaligus bisa membebani RAM dan berdampak pada performa smartphone Android semakin lemot. Pengguna bisa mengatasinya dengan melakukan perintah Clear Memory untuk membersihkan proses yang tidak diperlukan namun masih berjalan pada background yang dirasa kurang optimal. Untuk itu, ada baiknya mengikuti tips berikut ini mengenai cara mengatasi Android lemot tanpa harus ada bantuan aplikasi.

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi
Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

Langkah Mudah Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi

1. Menggunakan MicroSD Berkecepatan tinggi

Meskipun kapasitas memori internal smartphone anda terbilang besar. Namun, tidak ada salahnya menggunakan microSD yang berkecepatan tinggi untuk menambah ruang penyimpanan. Jika anda memiliki microSD dengan kecepatan tinggi, memungkinkan dapat meminimalisir Android dari kinerja yang lamban. Pasalnya Android akan memerlukan waktu sedikit untuk menulis ataupun membaca sebuah data yang terdapat pada memori internal.

Gunakan memori asli bukan KW sehingga memori bisa awet dan tahan lama.

Lihat juga artikel kami Cara Mengkunci Foto Dan Video Di Instagram Dengan Akun Privat

2. Menyeleksi Aplikasi yang Sering Digunakan

Kini saatnya anda melakukan seleksi aplikasi yang seringkali digunakan pada perangkat Android. Pada dasarnya, semakin banyak anda menginstall aplikasi maupun game akan dapat menjadi bebab memori, sehingga kinerja ponsel pintar berubah lambat. Karena itulah, anda dianjurkan untuk memilih aplikasi Android yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Membersihkan Cache

Anda bisa membersihkan cache dengan cara menghapus data yang dirasa sudah tidak diperlukan lagi. Pasalnya cache yang menumpuk hanya akan menyebabkan memori penuh dan terbebani. Jika hal ini terjadi maka perangkat Android menjadi lebih lemot dari sebelumnya dan dari segi kinerja yang terdapat di dalamnya.

4. Mengurangi Penggunaan Widget

Adanya widget yang berlebihan pada smartphone Android menjadikan sistem kinerja semakin lelet. Sebaiknya, kurangi penggunaan widget yang tidak berguna pada homescreen anda. Semakin banyak widget yang terpasang, maka akan berpengaruh pada cara bekera ponsel Android dan gunakan widget sesuai dengan kebutuhan saja.

5. Mematikan Live Wallpaper

Penggunaan live wallpaper rupanya dapat menjadikan Android semakin lemot, bahkan menyebabkan baterai cepat terkuras habis. Supaya lebih efektif dan efesien, maka gunakan wallpaper yang biasa saja. Adapun cara menggantinya adalah dengan masuk ke menu Setting > Display, lalu anda pilih ganti gambar bawaan dari perangkat Android.

6. Menonaktifkan Animasi

Setidaknya anda mencoba mematikan animasi perpindahan menu, lantaran salah satu indikator smartphone melambat adalah melakukan perpindahan menu menjadi lemot. Anda cukup masuk ke menu Setting > Developer Options, kemudian pilih Off pada pilihan Animasi, yakni Windows Animation Scale, Transition Animation Scale, dan Animator Duration Scale.

Meskipun di Play Store terdapat banyak aplikasi yang membantu meningkatkan performa dan kinerja smartphone Android. Namun, dengan beberapa cara yang sederhana di atas,  anda bisa dengan mudahnya mengatasi sedikit masalah Android lemot tanpa harus menginstall aplikasi seperti Cara Mengembalikan Foto Editan Ke Asli.