Cara Lengkap Mengganti atau Mengembalikan IMEI Android

Posted on

Jika kamu sering melakukan root, flash, factory reset ataupun hard reset pada smartphone Android maka hati-hati jika anda akan kehilangan IMEI pada handphone anda. Hal ini bisa berakibat buruk karena jika HP anda kehilangan IMEI maka smartphone tersebut tidak dapat sinyal lagi dan tidak dapat terkoneksi lagi dengan internet dan sms serta telfon.

IMEI adalah kepanjangan dari pada International Mobile Equipment Identity yang biasa dapat di temui pada kotak smartphone atau sering berada di belakang baterai/didudukan baterai handphone. IMEI ditampilkan dalam format AA-BBBBBB-CCCCCC-D.

IMEI Android
IMEI Android

Setiap handphone memiliki IMEI yang berbeda dan tidak sama, IMEI ini tersusun dengan kombinasi yang unik dan berbahaya jika sebuah handphone kehilangannya.

IMEI yang hilang seringkali terjadi pada sebuah hp yang menggunakan perangkat prosessor MediaTek seperti yang sering di dapatkan pada vendor Xiaomi Redmi, Oppo, Samsung, HTC, Sony, Vivo dll. Berikut dibawah ini adalah tutorial cara mengganti atau mengembalikan IMEI yang hilang pada smartphone Android.

Cara Mengetahui IMEI pada Android

Untuk mengetahui nomor IMEI pada handphone anda, anda cukup dengan membuka dial/phone lalu tekan *#06# dan otomatis kode unik IMEI pada handphone anda akan muncul.

Cara Mengetahui IMEI pada Android
Cara Mengetahui IMEI pada Android

Cara Mengembalikan IMEI pada Android

Untuk mengembalikan IMEI yang hilang, kita bisa menggunakan aplikasi Chamelephon. Untuk memulainya silahkan download dulu aplikasi Chamelephon.

Setelah aplikasi terdownload, silahkan install seperti biasa dan buka aplikasi tersebut. Catat IMEI anda dengan cara seperti diatas, lalu masukkan IMEI atau jika anda ingin memasangnya random bebas, silahkan klik Generate Random IMEI. Tekan Aplly New IMEI jika sudah dan IMEI anda telah terupdate dan handphone anda bisa berjalan normal kembali. Jangan lupa untuk merestart smartpone anda.