Cara Agar Video dan Foto Otomatis Tersimpan di Memori Eksternal

Posted on

Cara Agar Video dan Foto Otomatis Tersimpan di Memori Eksternal – Ada cukup banyak pertanyaan yang muncul dari para pengguna smartphone Android, saat mereka merekam sebuah video atau mengambil sebuah foto. Pertanyaan yang muncul itu adalah bagaimana cara agar video dan foto otomatis tersimpan di memori eksternal. Mereka kerap memperoleh peringatan bahwa memori yang ada tak mencukupi untuk dapat menyimpan file dari kamera baik itu file video ataupun foto, sementara memori eksternal yang mereka pakai cukup besar untuk menyimpan foto atau video.

Cara Agar Video dan Foto Otomatis Tersimpan di Memori Eksternal

Pada smartphone Android setiap kali Anda merekam video atau mengambil foto maka file outputnya secara otomatis akan disimpan pada media device memori. Kekurangan device memori ini adalah mempunyai kapasitas yang terbatas dan tak dapat di-upgrade dengan mudah atau harus membeli smartphone baru bila ingin memperoleh media device memori yang semakin besar.

Yang perlu Anda ketahui di sini adalah memori pada smartphone Android terbagi menjadi 2 bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal merupakan memori penyimpanan file bawaan yang ada pada smartphone dan umumnya berukuran sekitar 2 GB – 256 GB. Sementara memori eksternal adalah memori ekstra pada smartphone yang juga dikenal dengan sebutan kartu memori atau memory card, yang dapat Anda sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan.

Pada dasarnya untuk lokasi penyimpanan file video ataupun foto pada smartphone Android itu secara otomatis disimpan pada memori internal, demikian juga saat menyimpan hasil download ke memori, sementara untuk smartphone Android low end kebanyakan memiliki kapasitas yang relatif kecil dan telah terpakai untuk menyimpan berbagai file aplikasi yang berjalan guna mendukung kinerja smartphone. Sehingga bila Anda merekam sebuah video yang memiliki ukuran melebihi sisa memori yang ada maka secara otomatis akan ditolak oleh sistem, sebab lokasi penyimpanannya sudah tak memadai.

Nah pada momen inilah Anda memerlukan memori eksternal yang dapat digunakan untuk berbagai file seperti video, foto, file download, atau transfer Bluetooth. Lalu bagaimanakah cara agar video dan foto otomatis tersimpan di memori eksternal ? Terus simak artikel ini sebab akan kami bahas dengan lebih mendalam.

Cukup banyak orang yang memiliki pengalaman buruk ketika merekam video pada sebuah momen acara. Ketika sedang asyik merekam secara tiba-tiba proses perekaman video itu terhenti. Kemudian muncul pesan error yaitu kapasitas memori penuh. Banyak orang yang mencoba untuk melanjutkan proses perekaman tersebut, namun tak berhasil. Momen yang ingin diabadikan pun hilang sudah.

Nah kebetulan kami memiliki microSD Card dengan kapasitas yang cukup besar, dengan harga yang relatif terjangkau dan dapat diganti/diupgrade dengan cukup mudah. Tentunya akan semakin aman dan nyaman bila hasil rekaman video ataupun foto bisa secara otomatis tersimpan di microSD card.

Ternyata cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah, Anda hanya perlu untuk mengatur setting pada kamera smartphone kesayangan Anda dengan cara membuka kamera smartphone Anda, seperti saat Anda akan menggunakan kamera untuk merekam video ataupun mengambil foto, lalu pilih menu setting, penyimpanan dan pilih kartu memori. Agar lebih jelas Anda dapat mengamati gambar berikut ini.

Cara Agar Video dan Foto Otomatis Tersimpan di Memori Eksternal
Cara Agar Video dan Foto Otomatis Tersimpan di Memori Eksternal

Dengan begitu semua hasil dari kamera smartphone Anda baik file video maupun file foto secara otomatis akan langsung tersimpan pada memori tambahan smartphone Anda, tanpa harus melalui memori internal. Sehingga berapa pun besar file video atau foto yang dihasilkan oleh kamera bisa segera tersimpan sesuai dengan besarnya kapasitas memori Anda. Nah itu tadi cara agar video dan foto otomatis tersimpan di memori eksternal, semoga bermanfaat dan baca juga artikel kami tentang Cara Menghapus dan Uninstall Aplikasi KingRoot.